Penulis:
القواعد الفقهية التي يستفيد العامي مباشرة من تعلمها
KAIDAH FIKIH YANG LANGSUNG BERMANFAAT BAGI ORANG AWAM (NON-MUJTAHID)
أولاً:
قاعدة الأمور بمقاصدها:
للنية
أثر كبير على أعمـال المكلف، ومـن هنا قـال النبي r: (إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى)، والنيـة توضح
المـراد بالأيمان، وبألفاظ الكنايات، وتعين نوع العبـادة المؤداة هـل هي مثلاً
صلاة الظهر أو نافلتها.
وعلى
النية يترتب الثواب والعقاب، فمن فعل الحرام غير قاصد له فلا عقاب له، ومن فعل
الطاعة بقصد التقرب إلى الله لنيل الثواب الأخروي استحق الثواب، وكذلك المباحات
إذا قصد المكلف بها التقوي على طاعة الله استحق الثواب عليها([1]).
Pertama: Kaidah "al-Umuru bi Maqashidiha" (Segala amalan itu dinilai berdasarkan niatnya)
Niat memiliki pengaruh besar pada perbuatan orang yang dibebani kewajiban. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan."
Niat menjelaskan maksud dari sumpah, kata-kata kiasan, dan menentukan jenis ibadah yang dilakukan, apakah sholat Zuhur atau sholat sunnahnya.
Berdasarkan niat, pahala dan hukuman pun ditentukan. Orang yang melakukan perbuatan haram tanpa sengaja, tidak mendapatkan hukuman. Orang yang melakukan ketaatan dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah untuk mendapatkan pahala akhirat, maka dia berhak mendapatkan pahala. Begitu pula dengan hal-hal yang mubah, jika orang yang dibebani kewajiban berniat dengannya untuk taat kepada Allah, maka dia berhak mendapatkan pahala atasnya ([1]).
ثانياً: قاعدة الخروج من الخلاف مستحب:
فإذا اختلف العلماء في مسألة، فإنه يشرع للمكلف
أن يخرج من الخلاف، بأن يفعل فعلاً يقع الاتفاق بين العلماء على جوازه وصحته([2]).
Kedua: Kaidah "Al-Khuruuj min al-Khilaaf Mustahab" (Keluar dari Perbedaan Pendapat Para Ulama Dianjurkan)
Ketika para ulama berbeda pendapat tentang suatu masalah, maka dianjurkan bagi seorang mukallaf untuk keluar dari perbedaan pendapat tersebut. Artinya, dia melakukan perbuatan yang disepakati oleh para ulama sebagai sah dan diperbolehkan ([2]).
ثالثاً:
لا إنكار في المسائل الاجتهادية:
فمن
عمل عملاً في مسألة شرعية، وكان لعمله هذا حظ من الاجتهاد السائغ شرعاً، فلا يحق
لأحد أن ينكره عليه([3]).
Ketiga: Kaidah "La Inkaaru fi Masaail al-Ijtihaadiyyah" (Tidak Boleh Mencela Perbuatan Berdasarkan Ijtihad)
Ketika seseorang melakukan suatu perbuatan dalam masalah syariah, dan perbuatannya itu memiliki dasar ijtihad yang sah menurut syariat, maka tidak boleh bagi orang lain untuk mencelanya ([3]).
([1]) انظر القاعدة في: شرح الكوكب المنير 4/456، الأشباه والنظائر
للسيوطي ص 8.
([2]) انظر القاعدة في: الأشباه والنظائر للسيوطي ص 136، المنثور
2/127، الموافقات 4/202 و150.
([3]) انظر القاعدة في: الأشباه والنظائر للسيوطي ص 158، فتح المجيد ص
344.
Diambil dari kitab karya beliau yang berjudul:
Prinsip-prinsip Usul Fiqh dan Fikih yang Berkaitan dengan Muslim Non-Mujtahid